Akupunktur Tanam Benang Aman?

Akupunktur merupakan salah satu jenis alternatif pengobatan atau terapi tradisional yang memiliki banyak peminat karena tidak menggunakan bahan kimia obat yang berbahaya bagi hati , ginjal ataupun jantung. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa metode akupunktur itu sendiri sebenarnya terdapat berbagai macam dan tidak hanya sebatas penusukan jarum atau accupuncture saja, tetapi juga dapat dilakukan dengan teknik laser, penyuntikan cairan, teknik gelombang suara, hingga teknik penjahitan, penanaman dan pengikatan simpul atau dikenal juga dengan threading, burying and ligation of suture therapy of loci pada titik meridian tertentu.

Efek samping

Untuk bisa menjawab pertanyaan seputar apakah akupunktur tanam benang aman dilakukan, ada baiknya jika mengetahui beberapa efek samping yang mungkin saja bisa terjadi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

1.    Sensasi aneh . Beberapa sensasi aneh seperti nyeri, mulas hingga terasa ngilu dan kesemutan bisa saja terjadi benang yang tertanam ini menekan beberapa titik syaraf akupunktur pada permukaan kulit. Sensasi nyeri ini mungkin saja bisa bertahan atau dialami hingga 2-3 bulan pertama. Namun demikian, sensasi ini bisa saja timbul tenggelam seiring waktu.

2.    Pembengkakan lokal . Terjadinya bengkak lokal pada titik penanaman benang memang biasa terjadi akibat reaksi histamin tubuh terhadap adanya benda yang tertanam pada permukaan kulit . Pada beberapa keadaan, pembengkakan ini juga terkadang disertai dengan perdarahan ringan.

3.    Bentol atau lenting . Timbulnya bentol atau lenting pada lokasi penanaman benang biasa terjadi pada periode 1-2 minggu pasca tindakan penanaman benang. Namun demikian, bentol atau lenting ini akan hilang dengan sendirinya pada periode 3-4 minggu yang merupakan pertanda bahwa benang telah terlarut dalam jaringan tubuh.

4.    Bergelombang . Bagian permukaan kulit yang telah ditanam benang akan terasa sedikit bergelombang ketika dilakukan perabaan dan apabila ditekan akan terasa sedikit mengganjal dan aneh.

Demikianlah beberapa efek samping yang bisa saja timbul akibat akupunktur tanam benang , sehingga apakah akupunktur tanam benang aman dilakukan atau tidak, pastinya bisa dikatakan relatif aman walaupun beberapa efek samping ini memang dirasakan sedikit mengganggu kenyamanan.

 

 

 

Welcome
image

dr. Johannes K. Danuwinata M. Kes

visitor

Histats.com © 2

Copyright 2019 Dokter Akupunktur All Rights Reserved