Khasiat dan Manfaat Terapi Akupunktur

Benarkah akupunktur (acupuncture) dapat menyembuhkan penyakit?
Studi menunjukkan bahwa akupunktur memang bermanfaat meringankan atau mengatasi beberapa penyakit.
Beberapa penyakit yang dapat diterapi dengan akupunktur antara lain angina, depresi, infertilitas, sakit kepala, dan banyak lagi.

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan akupunktur:


1. Angina
Angina ditandai dengan nyeri pada otot dada. Studi menunjukkan bahwa angina bisa disembuhkan dengan menggunakan elektro-akupuntur.
Elektro-akupuntur memanfaatkan sepasang jarum yang dihubungkan dengan listrik sehingga menciptakan impuls listrik yang dapat digunakan untuk membantu pasien dengan angina.

2. Gangguan keseimbangan (Vertigo)
Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien dengan gangguan keseimbangan menunjukkan kemajuan positif setelah mendapatkan terapi akupunktur.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Pasien dengan CTS mengalami nyeri pada tangan dan jari. CTS disebabkan oleh berbagai hal seperti sering mengangkat benda berat, atau pergelangan tangan tertekan akibat terlalu banyak menggunakan keyboard atau mouse. Studi menunjukkan bahwa individu dengan CTS menunjukkan pengurangan nyeri setelah menjalani akupunktur.

4. Morning Sickness
Hal ini biasanya dialami oleh wanita hamil terutama pada tahap awal kehamilan mereka. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur merupakan metode yang efektif untuk mengurangi gejala ini.

5. Epicondylitis
Epicondylitis dikenal pula sebagai Tenis Elbow yaitu timbulnya rasa nyeri pada siku. Akupunktur yang dilakukan secara teratur dapat membantu meringankan kondisi ini.

6. Menurunkan berat badan
Akupunktur dapat membantu siapa saja yang ingin lebih langsing. Akupunktur bekerja dengan menekan nafsu makan sehingga berat badan ideal dapat dicapai.

7. Depresi
Pasien dengan depresi dapat memanfaatkan akupunktur untuk mengobati gejala-gejala yang terkait dengan gangguan ini. Akupunktur tidak hanya mengobati gejala depresi tetapi juga membuat obat anti-depresi bekerja lebih efisien.

8. Infertilitas (mandul)
Beberapa studi telah menunjukkan hasil positif bahwa akupunktur dapat meningkatkan kualitas dan kekuatan sperma. Pastikan terapi ini dilakukan oleh seorang ahli akupunktur bersertifikat dan terlatih untuk hasil yang optimal.

9. Hipertensi
Banyak penelitian mengungkapkan bagaimana pasien hipertensi menunjukkan perbaikan setelah dirawat dengan akupunktur.
Jadi, penderita tekanan darah tinggi bisa mempertimbangkan akupunktur sebagai pengobatan penunjang.

10. Sakit kepala
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur bisa menghilangkan sakit kepala kronis seperti migrain.

 

 

Welcome
image

dr. Johannes K. Danuwinata M. Kes

visitor

Histats.com © 2

Copyright 2019 Dokter Akupunktur All Rights Reserved