Penanganan Bell's Pallsy dengan Akupunktur

Bell palsy adalah suatu bentuk kelumpuhan wajah temporer akibat kerusakan atau trauma pada salah satu saraf wajah.

Ini adalah penyebab paling umum dari kelumpuhan wajah. Umumnya, Bell palsy hanya mempengaruhi satu saraf wajah pasangan dan satu sisi wajah, namun, dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu dapat mempengaruhi kedua belah pihak.

Gejala Bell palsy biasanya mulai tiba-tiba dan mencapai puncaknya dalam waktu 48 jam. Gejala bervariasi dari orang ke orang dan dapat berkisar keparahan dari kelemahan ringan sampai lumpuh total. Gejala-gejala ini termasuk berkedut, kelemahan, atau kelumpuhan, kelopak mata terkulai atau sudut mulut, air liur, mata kering atau mulut, gangguan rasa di mata.

Bell palsy sering menyebabkan distorsi wajah yang signifikan. Kebanyakan ilmuwan percaya bahwa infeksi virus seperti meningitis viral atau umum virus sakit dingin - herpes simplex-- dapat menyebabkan gangguan ketika membengkak saraf wajah dan menjadi meradang sebagai reaksi terhadap infeksi.

 

Apakah ada pengobatan?

Studi terbaru menunjukkan bahwa steroid seperti prednisone - digunakan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan - merupakan pengobatan yang efektif untuk Bell palsy. Obat lain seperti acyclovir - digunakan untuk melawan infeksi herpes virus - juga mungkin memiliki beberapa manfaat dalam memperpendek perjalanan penyakit.
Analgesik seperti aspirin, acetaminophen, atau ibuprofen dapat mengurangi rasa sakit.

Karena kemungkinan interaksi obat, anda harus selalu berbicara dengan dokter sebelum menentukan obat yang sesuai. Menjaga mata lembab dan melindunginya dari  cedera, terutama pada malam hari. Terapi lain seperti terapi fisik, pijat wajah atau akupunktur dapat memberikan perbaikan  potensial dalam fungsi saraf wajah dan nyeri

Apa prognosis?

Prognosis untuk individu dengan Bell palsy umumnya sangat baik. Tingkat kerusakan saraf menentukan sejauh mana pemulihan. Dengan pengobatan, kebanyakan orang mulai mendapatkan yang lebih baik dalam waktu 2 minggu setelah onset awal gejala dan sembuh sepenuhnya dalam waktu 3 sampai 6 bulan.

 

Welcome
image

dr. Johannes K. Danuwinata M. Kes

visitor

Histats.com © 2

Copyright 2019 Dokter Akupunktur All Rights Reserved